BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi RI Melambat Jadi 5,05 Persen di Kuartal II 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Agu 2024, 14:06
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Bundaran HI Bundaran HI (ntvnews.id / Bagas)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2024 sebesar 5,05 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Adapun angka ini lebih rendah dibandingkan kuartal I 2024 sebesar 5,11 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2024 bila dibandingkan triwulan II-2023 atau secara year-on-year tumbuh 5,05 persen," ucap Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/8/2024).

Edy menyampaikan perekonomian Indonesia berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II 2024 atas harga berlaku tercatat sebesar Rp5.536,5 triliun, sedangkan atas dasar harga konstan sebesar Rp3.231 triliun.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, untuk pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2024 diprakirakan tetap tumbuh di atas 5 persen yoy, didukung oleh konsumsi rumah tangga dan investasi.

Ekspor barang diperkirakan meningkat, didorong ekspor produk manufaktur dan pertambangan, terutama ke negara mitra dagang utama seperti India dan Tiongkok.

Ke depan, Sri Mulyani menyebut peningkatan aktivitas perekonomian domestik diperkirakan berlanjut hingga akhir tahun 2024.

"Kebijakan belanja pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan Program Perlindungan Sosial (Perlinsos) untuk masyarakat rentan diharapkan mendorong laju pertumbuhan konsumsi masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, aktivitas penyelenggaraan Pilkada serentak pada bulan November 2024 diperkirakan juga memberikan dampak positif bagi aktivitas konsumsi.

Halaman
x|close