Sri Mulyani Blak-blakan Sudah Cairkan Rp11,2 Triliun Buat Bangun IKN Tahun Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Agu 2024, 13:49
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Depan Istana Garuda di IKN Depan Istana Garuda di IKN (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mencapai Rp11,2 triliun per Juli 2024.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, realisasi itu setara 26,4 persen dari pagu yang ditetapkan dari pagu anggaran yang ditetapkan sebesar 42,5 triliun.

"Jadi yang baru cair memang Rp11,2 triliun untuk pagu 2024. Tapi tidak berarti belanjanya hanya Rp11,2 triliun, masih akan ada penyerapan dan biasanya akselesai pencairan terjadi di Q3 maupun kuartal akhir," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita edisi Agustus 2024, Selasa (13/8/2024).

Lebih lanjut, Bendahara Negara itu merincikan untuk realisasi klaster infrastruktur pembangunan IKN mencapai Rp9 triliun.

Baca juga: Canda Prabowo: Pak Jokowi Susah-susah Bangun IKN, yang Nikmati Pertama Saya

Realisasi tersebut meliputi pembangunan gedung di kawasan Istana Negara, kawasan Kemenko dan Kementerian lain serta Gedung OIKN; pembangunan tower rusun ASN dan Hankam, rumah tapak menteri dan rumah sakit IKN.

Lalu pembangunan jalan tol IKN, jalan dan jembatan IKN dan Bandara VVIP; penataan dan penyempurnaan kawasan bendungan Sepaku Semi, Embung KIPP dan pengendalian Banjir IKN.

Sementara realisasi klaster non infrastruktur mencapai Rp2,2 triliun meliputi perencanaan, koordinasi, penyiapan, dan pemindahan; promosi, publikasi dan sosialisasi IKN.

Selanjutnya laporan dan rekomendasi kebijakan pada KL; kegiatan pemetaan, pemantauan dan evaluasi; dukungan pengamanan Polri; dan operasional OIKN.

Baca juga: Prabowo: IKN akan Kita Tuntaskan dan Selesaikan

Adapun total alokasi anggaran IKN tahun 2022 sampai 2024 sebesar Rp75 triliun. Anggaran tersebut terdiri dari realisasi 2022 mencapai Rp5,5 triliun, realisasi 2023 Rp 27 triliun dan pagu 2024 Rp 42,5 triliun.

Halaman
x|close