Bank Indonesia Masih Tahan BI-Rate di 6,25 Persen pada Agustus 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Agu 2024, 16:10
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Bank Indonesia Bank Indonesia

Ntvnews.id, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan keputusan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate di level 6,25 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, keputusan itu berdasarkan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Agustus 2024.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 20-21 Agustus 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,25 persen, demikian juga suku bunga deposit facility sebesar 5,50 persen, dan suku bunga lending facility sebesar 7 persen," ucap Perry, Rabu (21/8/2024).

Perry menjelaskan, keputusan ini tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan lebih lanjut stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi dalam sasaran 2,5 persen plus minus 1 persen pada 2024 dan 2025.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Untuk Banyak Jurusan, Catat Tanggal dan Syaratnya

Baca juga: Tok! Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan di Level 6,25%

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit atau pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Perry juga menyebutkan, kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran.

"Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tengah masih tingginya risiko ketidakpastian pasar keuangan global," tandasnya.

Halaman
x|close