Airlangga Ketemu Menteri Ketenagakerjaan Singapura, Bahas Apa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Agu 2024, 08:01
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura Tan See Leng Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura Tan See Leng

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura Tan See Leng di sela-sela pertemuan 2nd Asia Zero Emission Community (AZEC) Ministerial Meeting and Related Events, pada Rabu (21/08).

Pada pertemuan tersebut, kedua Menteri merasa antusias terhadap pelaksanaan kesepakatan Program Tech:X, yang memberikan kesempatan para profesional muda dalam bidang teknologi dari Indonesia dan Singapura untuk memperoleh pengalaman bekerja selama 1 (satu) tahun di industri teknologi masing-masing.

"Usai penandatanganan Technical Arrangement on Indonesia-Singapore Tech:X Programme pada tanggal 7 Juni 2024, di sela-sela pertemuan Ministerial Meeting of Indonesia – Singapore Six Bilateral Economic Working Groups (MM 6WG) ke-14, kedua belah pihak tengah mempersiapkan proses penerimaan peserta angkatan pertama Program Tech:X melalui program pilot project," kata Airlangga.

Selanjutnya, Airlangga menyampaikan harapannya agar kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Singapura dapat terus ditingkatkan di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan, peningkatan kapasitas SDM di bidang semikonduktor, serta perluasan kerja sama di wilayah Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) yang di antaranya mencakup sektor energi dan kabel bawah laut.

Baca juga: Airlangga Ungkap Startup RI Peringkat ke-6 Terbanyak di Dunia

Baca juga: Eks Ketum Golkar Airlangga Hartarto Bercanda Lagi: Duduk Saja, Kalau Berdiri Kursi Hilang

"Indonesia ingin menitikberatkan pada pengembangan kapasitas SDM dengan keahlian dalam bidang microelectronic untuk menciptakan ekosistem semikonduktor di Indonesia. Saya mengundang Singapura untuk turut mendukung Indonesia dalam pengembangan ini," lanjut Airlangga.

Airlangga menyebut, Singapura tetap menjadi mitra ekonomi utama Indonesia dalam bidang investasi dan perdagangan.

Singapura merupakan investor raksasa bagi Indonesia dengan lebih dari USD15 miliar yang dikucurkan ke Indonesia hanya pada tahun 2023, yang mencakup sekitar 30% dari seluruh investasi asing.

Halaman
x|close