BUMN Gandeng Perusahaan Prancis Bangun Kapal Selam Scorpene Evolved di RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Agu 2024, 10:15
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
PT Pal Indonesia gandeng Naval Group asal Prancis bangun kapal selam jenis Scorpene Evolved di Indonesia. PT Pal Indonesia gandeng Naval Group asal Prancis bangun kapal selam jenis Scorpene Evolved di Indonesia.

Ntvnews.id, Jakarta - Perusahaan BUMN, PT Pal Indonesia dan Naval Group asal Prancis bekerja sama untuk membangun kapal selam jenis Scorpene Evolved di Indonesia.

Dilansir dari akun Instagram Kementerian BUMN, PT Pal Indonesia dan Naval Group telah menggelar pertemuan dalam rangka persiapan pembangunan kapal selam tersebut.

Scorpene merupakan kapal selam moden dengan beberapa keunggulan diantaranya teknologi baterai lithium-ion dengan kepadatan energi yang tinggi, kemaampuan tidak terdeteksi radar atau stealth, memiliki kecepatan tinggi.

Perusahaan telah mempersiapkan segala aspek mulai dari fasilitas produksi hingga sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan proyek ini.

"Pembangunan kapal selam scorpene di Indonesia memperkuat komitmen PT PAL Indonesia untuk terus meningkatkan kapabilitas industri pertahanan nasional melalui kerjasama teknologi dari Naval Group," tulis akun tersebut dikutip, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Tunjangan Kinerja ASN Kementerian BUMN Naik 100 Persen, Ini Kata Erick Thohir

PT Pal Indonesia telah menguasai berbagai teknologi penting dalam pembuatan kapal selam melalui alih teknologi kapal selam ke-1 dan ke-2; joint section kapal selam ke-3 (KRI Alugoro-405); maintenance, Repair, Overhoul (MRO) KRI Cakra-401.

Untuk diketahui, kapal selam Scorpene ini memiliki panjang 71 meter dengan kecepatan maksimum 20 knot.

Persenjataan kapal selam ini meliputi torpedo Black Shark, Missile SM 39 serta dapat dipasangi torpedo F21 dan dilengkapi non akustik sensor dan sistem komunikasi.

Selain itu, kapal ini memiliki kemampuan indiscretion rate 4,5% (tidak terdeteksi oleh musuh saat beroperasi di bawah air).

Scorpene memiliki Full Lithium Ion Battery sehingga memberikan keunggulan dalam hal daya tahan dan kinerja.

Lithium-Ion adalah teknologi baterai yang ringan dan memiliki kepadatan energi tinggi yang memungkinkan kapal selam dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa perlu sering melakukan pengisian ulang.

Hal ini penting untuk misi jangka panjang dan menjaga keberlanjutan operasional kapal selam di laut.

Baca juga: Lewat Cara Ini, Erick Thohir Genjot Inovasi 20 Wirausaha Sosial Yayasan BUMN

Scorpene juga dilengkapi dengan Teknologi Acoustic Discretion Technology for Minimising Radiated Noise dan Planar Array.

Teknologi Planar Array adalah jenis antena di lingkungan laut yang dapat mendeteksi dan menganalisis informasi dengan lebih akurat dan cepat, sehingga memungkinkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan respon yang lebih efisien terhadap situasi di lapangan.

Pelaksanaan pembangunan kapal selam Scorpene ini sepenuhnya di galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya.

Halaman
x|close