Bendungan Margatiga Senilai Rp846 Miliar Diresmikan Jokowi, Jadi Bendungan ke-44 Dalam 10 Tahun Terakhir

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Agu 2024, 16:30
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi resmikan bendungan Margatiga senilai Rp846 miliar Presiden Jokowi resmikan bendungan Margatiga senilai Rp846 miliar

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (26/08/2024).

Kepala Negara itu mengatakan, Bendungan Margatiga merupakan bendungan ke-44 yang telah diresmikannya dalam periode 10 tahun pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

"Kita harapkan Bendungan (Margatiga) yang merupakan bendungan ke-44 yang saya resmikan dalam 10 tahun terakhir ini dapat betul-betul bisa berfungsi dengan baik untuk irigasi, air baku, listrik dan reduksi banjir di hilir bendungan," kata Jokowi.

"Dan kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan bendungan ini bisa naik dengan signifikan," sambungnya.

Menurut Jokowi, air sangat penting bagi kehidupan dan memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Kongres III Partai Nasdem, Jokowi dan Surya Paloh Kompak Tak Menyapa Anies Baswedan

Oleh sebab itu, manajemen pengelolaan sumber daya air di seluruh provinsi di Indonesia akan menjadi fokus pemerintah.

"(Manfaat) yang pertama sebagai air baku untuk kehidupan kita, kedua irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki, dan ketiga untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir," tambahnya.

Adapun Bendungan Margatiga dibangun mulai tahun 2017 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp846 miliar.

Luas genangannya 2.217,84 hektare dan memiliki daya tampung sebesar 42,31 juta m3.

"Sudah 7 tahun yang lalu bendungan ini dikerjakan dan Alhamdulillah pada hari ini Bendungan Margatiga sudah selesai dan bisa difungsikan," kata Jokowi.

bendungan Margatiga senilai Rp846 miliar bendungan Margatiga senilai Rp846 miliar

Baca juga: Bertemu Jokowi, Anies Baswedan Diteriaki Abah

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia menerangkan, Bendungan Margatiga diproyeksikan akan meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung.

"Nantinya, Bendungan Margatiga dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pertanian, khususnya irigasi seluas 16.588 hektare yang berada di Provinsi Lampung, tepatnya di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan. Untuk yang sudah fungsional seluas 5.638 hektare dan potensi irigasi yang dapat dialiri seluas 10.950 hektare," jelasnya.

Halaman
x|close