Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan 4 Seksi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Sep 2024, 12:20
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi meresmikan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Presiden Jokowi meresmikan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Provinsi Aceh, Senin 9 September 2024.

Kepala Negara berharap dengan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh itu dapat menumbuhkan titik-titik perekonomian baru dan meningkatkan efisiensi waktu tempuh.

Peresmian empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Sigli- Banda Aceh seksi 2, seksi 3 seksi 5, dan seksi 6 pada hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Jokowi Pilih Ngantor di IKN Sampai Masa Jabatan Berakhir, Ada Apa?

Adapun empat ruas jalan tol yang diresmikan meliputi sepanjang 35 kilometer terdiri atas Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baru 8 km, dan Seksi 6 Kuto Baru-Baitussalam 5 km.

Jokowi juga menekankan bahwa infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan konektivitas.

Untuk itu, ia menyatakan akan terus mempercepat pembangunan jalan tol, termasuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.998 km dari Provinsi Lampung sampai ke Provinsi Aceh.

"Kita berharap dengan Jalan Tol Trans Sumatera akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera dan meningkatkan efisien waktu tempuh serta meningkatkan multiplier effect bagi masyarakat," ungkap Jokowi.

Baca juga: Mahasiswa Nekat Terobos Ring 1 Demi Selfie dengan Jokowi, Malah Dihantam Paspampres

Jokowi menjeleaskan empat dari enam ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh telah dibangun sejak 2019 dan menelan biaya sekitar Rp13,5 triliun.

Mantan Gubernur Jakarta itu meyakini dengan peresmian empat ruas jalan tol tersebut, juga akan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru, menumbuhkan usaha-usaha baru, memotivasi usaha kecil serta usaha mikro untuk memperluas usaha serta membangkitkan perekonomian di Provinsi Aceh secara keseluruhan.


Halaman
x|close