Jokowi Buka-bukaan Keinginan Mendarat di Bandara Nusantara IKN Tapi Belum Siap

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 17:14
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi buka-bukaan soal keinginannya mendarat di Bandara Nusantara IKN Presiden Jokowi buka-bukaan soal keinginannya mendarat di Bandara Nusantara IKN

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan soal ingin mendarat di Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal tersebut diungkapkan dalam sambutannya saat peresmian Hotel Nusantara Swissotel dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Nusantara Mall Duty Free di IKN.

"Saya kemarin sebetulnya ingin turun di airport baru, tapi ternyata belum memungkinkan harus coba lagi dengan pesawat yang sama dengan yang kita pakai," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Kepala Negara itu mengatakan Bandara Nusantara masih perlu diuji coba sebelum didarati oleh Pesawat Kepresidenan.

Baca juga: Perdana, Pendaratan Pesawat Jet Berpenumpang di Bandara IKN Berlangsung Mulus

"Jadi masih menunggu percobaan landing dan take off dari pesawat-pesawat yang akan mencobanya. Sehingga memang pesawat yang kita tumpangi belum bisa turun di airport Nusantara," ungkap Jokowi.

Menurutnya saat bandara Nusantara akan benar-benar beroperasi penuh, Tugas utama pemerintah adalah memperbanyak traffic penerbangan.

Kemudian maskapai penerbangan akan diundang untuk bisa melayani rute ke IKN, sehingga keramaian akan tercipta.

"Kalau airport ini bisa banyak traffic, banyak maskapai, banyak airlines yang naik dan turun di airport Nusantara ini kan menjadi sebuah keramaian di Ibu Kota Nusantara," jelas Jokowi.

Baca juga: Menhub Jajal Landing Perdana Pesawat Jet di Bandara IKN Sebelum Pesawat Jokowi Tiba

Sebelumnya,  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi mengatakan, pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN berlangsung mulus dan selamat, Kamis (12/9).

Pesawat jet berjenis Cessna Citation Longitude milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Perhubungan tersebut membawa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni bersama rombongan.

"Hari ini, kami melakukan proving flight dengan Cessna Citation Longitude, satu pesawat jet yang sama kualifikasinya dengan Boeing 737. Alhamdulillah, pesawat yang kami tumpangi berhasil mendarat dengan lancar dan selamat di Bandara IKN," ujar Menhub Budi Karya.

Halaman
x|close