Wapres Tekankan Empat Fokus Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

NTVNews - 23 Apr 2024, 18:11
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Wapres KH. Ma'ruf Amin menghadiri Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Barat (Jabar), di Gedung Sate, Citarum, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (23/4/2024). Wapres KH. Ma'ruf Amin menghadiri Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Barat (Jabar), di Gedung Sate, Citarum, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (23/4/2024).

NTVNews.id - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah merupakah salah satu sektor penopang ketahanan ekonomi daerah dan nasional.

Sehingga, kata orang nomor dua di Tanah Air itu, keberlanjutannya harus terus dijaga. Hal ini dapat dilakukan dengan fokus pada empat aspek.

"Pertama, optimalkan pengembangan sektor industri produk halal, melalui penguatan ekosistem rantai nilai halal pada sektor-sektor unggulan daerah," ujar Wapres.

Hal itu disampaikannya saat Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Barat (Jabar), di Gedung Sate, Citarum, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (23/4/2024).

Lebih lanjut, ungkap Wapres, optimalisasi ini dapat dilakukan melalui peningkatan hilirisasi produk, akselerasi sertifikasi halal, dan pengembangan sektor pariwisata ramah muslim.

"Kedua, perluas inklusi dan kontribusi keuangan syariah dalam pembiayaan pembangunan daerah, melalui penerapan inovasi jasa keuangan syariah dan teknologi digital," tambahnya.

Wapres menilai, kontribusi sektor ekonomi dan keuangan syariah untuk pembangunan di Indonesia sudah mulai meningkat, termasuk di Jabar.

Halaman
x|close