Kementan: Indonesia Hadapi Tantangan Besar, Kebutuhan Pangan dan Kurangi Ketergantungan Energi Fosil

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Sep 2024, 20:19
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) (Dokumentasi Kementan)

Ntvnews.id, Jakarta - Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) kali ketiga kembali digelar Kementerian Pertanian (Kementan) yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kamis (12/09) di ICE BSD Tangerang.

Melalui Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema, Perkebunan Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Energi Menuju Indonesia Emas 2045.
 
"Indonesia saat ini menghadapi dua tantangan besar, tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, namun juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Disinilah perkebunan memiliki peran yang sangat vital," ucap Direktur Tanaman Semusim dan Tahunan, Muhammad Rizal Ismail dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024).

"Komoditas perkebunan tak hanya sekedar sumber bahan pangan, tetapi juga sebagai sumber energi terbarukan yang semakin penting," lanjutnya.

Baca juga: Kementan Komitmen Kembangkan SDM Berkualitas untuk Kontribusi di Industri Kelapa Sawit
 
Rizal menekankan, Perkebunan memiliki potensi besar dalam menyediakan bahan baku biofuel yang bisa menjadi solusi dalam upaya transisi menuju energi hijau.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, nilai tambah produk perkebunan tidak hanya dari produk utamanya saja, karena pemanfaatan dari produk samping maupun limbah perkebunan juga dapat dioptimalkan untuk memiliki nilai tambah.
 
Rizal menekankan, produk-produk tersebut saat ini sangat butuh perhatian khusus untuk dikembangkan karena Indonesia memiliki potensi sangat besar.

Nilai tambah sektor pertanian termasuk perkebunan memberikan pengaruh yang berarti pada penyerapan tenaga kerja dan sekaligus perkembangan kesejahteraan masyarakat. Ini membutuhkan kolaborasi bersama, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

"Sinergi dan kolaborasi sangat diperlukan dari berbagai pihak yaitu pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat. Karena sub sektor perkebunan, jika dikelola dengan bijaksana dan berkelanjutan, akan menjadi salah satu pilar utama yang memastikan ketersediaan pangan dan energi bagi bangsa kita," ungkap Rizal.

Baca juga: Hukuman Eks Sekjen Kementan Juga Ditambah dari 4 Tahun jadi 9 Tahun Penjara

Tidak hanya itu, sektor ini juga berpotensi besar untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pedesaan.
 
“Saya berharap melalui FGD ini kita dapat berdiskusi lebih dalam, berbagi gagasan, dan merumuskan solusi konkret untuk tantangan yang kita hadapi. Semoga dari sini lahir strategi-strategi inovatif yang dapat diimplementasikan untuk memperkuat ketahanan pangan dan energi, membuka peluang bisnis baru, serta menjaga keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang,” harapnya.
 
Kementan memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi serta berperan aktif dalam penyelenggaraan Bunex kali ketiga ini.

"Semoga pertemuan kita hari ini menjadi momentum penting dalam mewujudkan perkebunan yang lebih berkelanjutan, inovatif, dan berdampak positif bagi masyarakat serta lingkungan," tandasnya.

x|close