Luhut Sebut Mudik Lebaran 2024 Paling Meriah Sepanjang Sejarah, 193 Juta Orang Pulang Kampung

NTVNews - 8 Apr 2024, 15:11
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Antrean kendaraan pemudik di Gerbang Tol Cikampek Utama/Dok Jasa Marga Antrean kendaraan pemudik di Gerbang Tol Cikampek Utama/Dok Jasa Marga

 

NTVNews.id-Mudik Lebaran 2024 memiliki kesan spesial di hati Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya mudik tahun ini yang paling meriah sepanjang sejarah Indonesia.

Karena berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan jumlah pemudik pada Lebaran 2024 mencapai 193,6 juta orang, atau naik 34% dari tahun sebelumnya.

"Luar Biasa. Satu kata yang menggambarkan aktivitas mudik Lebaran tahun 2024 ini. Bagaimana tidak? Ini adalah mudik paling meriah sepanjang sejarah," tulis Luhut, dikutip dari unggahan tersebut, Senin (8/4/2024).

Luhut mengatakan pemerintah telah mempersiapkan berbagai strategi dan fasilitas agar aktivitas pemudik menjadi aman dan nyaman selama di perjalanan menuju kampung halaman sampai kembali ke tempat masing-masing.

"Pemerintah telah melakukan persiapan-persiapan yang sangat baik untuk saya, Pak Menteri Perhubungan, Kepolisian, semua kami di pemerintahan ini sudah menyiapkan yang terbaik sehingga sudah kami antisipasi. Sampai pada charger mobil listrik misalnya dan seterusnya disiapin," ujarnya.

Ia menekankan kelancaran arus mudik dapat terwujud melalui kolaborasi antara fasilitator dan peserta.

Untuk itu, Luhut pun mengimbau kepada seluruh peserta mudik tahun ini untuk senantiasa berhati-hati dalam berkendara. Saling jaga dan peduli satu sama lain selama di perjalanan.

"Saya dari lubuk hati paling dalam, dari Kemenko Marves mengucapkan selamat jalan menuju tujuan masing-masing. Hati-hati di jalan, selamat bertemu keluarga, nanti kembali juga ke tempat masing-masing itu juga supaya hati-hati," tutur dia.

Luhut berpesan agar pada perjalanan maka hari pemudik berhenti dan rehat sejenak jika merasa ngantuk lalu minum sebentar untuk menyegarkan tubuh.

Sementara pada perjalanan siang hari sebaiknya pengemudi bergantian dengan keluarga sehingga jangan sampai ada kecelakaan karena kelelahan.

"Selamat jalan selamat beraktivitas mudah-mudahan Bulan Ramadhan ini membawa kedamaian untuk kita semua di hari-hari yang akan datang," pungkasnya.

Tags

x|close