Pembebasan Lahan di IKN Sudah Habiskan Anggaran Senilai Rp2,8 Triliun

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Okt 2024, 19:12
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto cek pembangunan rumah dinas dan kantor Kemenko Perekonomian di IKN Menko Perekonomian Airlangga Hartarto cek pembangunan rumah dinas dan kantor Kemenko Perekonomian di IKN

Ntvnews.id, Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangaan menggelontorkan Rp2,8 triliun guna mendukung pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Sejak pertengahan tahun lalu sampai saat ini kita sudah merealisasikan untuk IKN Rp2,85 triliun," ucap Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi di Kantor LMAN, Jakarta, Senin (7/10/2024).

Lebih lanjut, Basuki menyebut untuk realiasi pendanaan lahan tahun ini dari Januari hingga 4 Oktober 2024, pengadaan lahan IKN mencapai Rp1,43 triliun.

"Dari sektor IKN teman-teman pasti juga mengikuti ya, dari sektor IKN kami tahun ini saja sudah menyalurkan atau merealisasikan Rp1,43 triliun," ungkapnya.

Baca juga: Pak Bas: Bandara IKN Bakal Uji Coba Pendaratan Pesawat Besar

Baca juga: Jokowi Resmikan Pusat Pelatihan PSSI di IKN 10 Oktober

Secara keseluruhan, LMAN mencatat telah menggelontorkan Rp134,45 triliun untuk pendanaan lahan untuk 126 PSN hingga Oktober 2024.

"Sampai dengan tanggal 4 Oktober yang lalu, total realisasi pendanaan lahan PSN yang dilakukan LMAN adalah berjumlah Rp134,45 triliun," ungkapnya.

Adapun untuk tahun ini periode Januari hingga Oktober 2024 pihaknya telah mengucurkan dana senilai Rp10,57 triliun untuk pengadaan lahan. Jumlah tersebut paling besar digunakan untuk tol, bendungan, dan IKN.

x|close