Kala Ibu Negara Iriana Jokowi Borong Batik dan Kerajinan di Pameran Dekranas Expo 2024

NTVNews - 17 Mei 2024, 18:03
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi pameran griya dan kerajinan Dekranas Expo 2024 di Solo/Foto: tangkapan layar NTV Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi pameran griya dan kerajinan Dekranas Expo 2024 di Solo/Foto: tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin membeli sejumlah batik dan kerajinan tangan kala mengunjungi pameran produk kerajinan binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bertajuk Dekranas Expo 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo.

Dalam kunjungan tersebut Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf didampingi rombongan pengurus Dekranas, pengurus PKK serta anggota organisasi Aksi Solidaritas era kabinet Indonesia Maju.

Saat mengunjungi stand Dekranas Solo Iriana dan Wury tampak tertarik dengan produk-produk dari batik Walang Keke yang merupakan usaha batik milik maestro keroncong asal Solo Waljinah.

Walang Keke adalah salah satu lagu keroncong yang sangat terkenal dinyanyikan oleh Waljinah pada tahun 1969.

Di stand tersebut ada lima batik yang dibeli oleh rombongan Ibu Negara. Sedangkan Iriana memilih batik bercorak mitologi Yunani, seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Jumat (17/5/2024).

Selain mengunjungi stand-stand Dekranasda Solo dan Medan. Dari 257 total stand UMKM di Dekranas Expo 2024 ada puluhan stand yang dikunjungi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Peserta Dekranas asal Bali, Sri Putri Mas mengaku senang dan bangga karena standnya dikunjungi oleh Ibu Negara. Apalagi Iriana Jokowi membeli sejumlah produk yang dipamerkan.

"Ibu, Bu Selvi dan Bu Wury juga beli. Senang banget dan merasa bangga. Ibu berkenan mampir dan berbelanja di tempat kami," ujar Sri Putri Mas.

Tak hanya kain batik, Iriana juga membeli beberapa produk UMKM kerajinan tangan seperti perhiasan, tas dan taplak meja rajutan. Salah satunya adalah taplak meja rajut buatan Dekranas Bangka Beliitung.

"Produk-produk yang disukai Ibu dan dibeli juga yaitu taplak meja dari nipah di-mix dengan bordir dan rajutan kita Babgka Belitung yang lembut," kata Subekti Saputra, Dekranas Bangka Belitung.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Solo, Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka mengatakan pameran Dekranas Expo 2024 diikuti oleh Dekranas dari seluruh Indonesia.

"Setiap provinsi membawa griyanya, kerajinannya semua yang terbaik di bawa ke sini," kata Selvi yang tak lain adalah istri dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Expo yang memamerkan produk dan kerajinan unggulan setiap provinsi ini akan berlangsung hingga Sabtu 18 Mei 2024.

.

x|close