Agus Gumiwang Buka-bukaan Alasan iPhone 16 Belum Dijual di RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 07:22
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Agus Gumiwang Agus Gumiwang (Ntvnews.id/ Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) buka suara alasan iPhone 16 dari Apple belum masuk ke pasar Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan proses pengurusan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi salah satu alasan iPhone 16 belum dijual di tanah air.

"iPhone 16 dari Apple belum bisa dijual di Indonesia karena masih dalam proses pengurusan TKDN," ucap Agus Gumiwang dikutip, Jumat (11/10/2024).

Apple luncurkan iPhone 16 Apple luncurkan iPhone 16

Regulasinya tertuang dalam Peraturan Menterin Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan Nilai TKDN Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet.

Baca juga: Menperin Agus Blak-blakan Kabar Terkini Investasi Apple di RI

Agus Gumiwang mengungkapkan, sebelumnya Apple sudah bisa menjual produk-produknya di Indonesia karena sudah mendapatkan sertifikat TKDN.

Namun, masa berlaku dari sertifikat tersebut telah habis, sehingga dia menyebutkan harus di perpanjang.

Lebih lanjut, ia menyebut proses perpanjangan itu terhambat karena Apple belum memenuhi total komitmen investasinya sebesar Rp1,71 triliun.

Menurutnya investasi Apple saat ini baru Rp1,48 triliun yang direalisasikan, sehingga masih ada kekurangan Rp240 miliar.

Baca juga: Warren Buffett Jual 50 Persen Saham Apple Sebesar Rp1.225 Triliun, Ini Alasannya

"Dan saat ini proses perpanjangan sertifikat TKDN masih menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple sebesar sekitar Rp240 miliar," jelas Agus Gumiwang.

"Mereka memegang komitmen itu ya kita akan keluarkan izin mereka untuk mereka jual izin mereka jual Iphone 16," tandasnya.

x|close