Muncul Usulan Konsep Twin Cities, IKN dan Jakarta Bisa Jadi Ibu Kota Negara Bersama

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Okt 2024, 23:42
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Suasana menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Kepresidenan IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Suasana menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Kepresidenan IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyampaikan ibu kota negara diusulkan menganut konsep Twin Cities, IKN dan Jakarta bisa sekaligus menjadi ibu kota.

Adapun usulan tersebut dari Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) yang yang telah melakukan beberapa tahap kajian mengenai pemindahan ibu kota.

"ASPI sebelumnya telah melakukan beberapa tahap kajian mendalam bersama para anggotanya, lalu mengusulkan 4 skenario pembangunan IKN Semuanya bertujuan agar proses pembangunan IKN dapat diarahkan kembali agar "on the track" sesuai dengan visi dan misi awalnya," ucap Bambang dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (12/10/2024).  

"Melalu konsep Twin Cities, ASPI mengusulkan agar Jakarta dan IKN dapat berbagi fungsi dalam jangka pendek ini," sambungnya.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Istana Negara di IKN yang Diresmikan Jokowi Jelang Lengser

Baca juga: Mayapada Hospital Nusantara Resmi Berdiri di IKN

Sesuai dengan skenario yang nantinya dipilih, salah satu kota dapat berperan sebagai ibukota secara legal (de jure). Sedangkan kota lainnya menjalankan kegiatan administrasi pemerintahan nasional (de facto).

"Dan masing-masing kota didesain untuk melaksanakan fungsi utama tertentu," ungkapnya.
 
ASPI berharap pendekatan strategis ini diharapkan dapat membantu mengelola tahap transisi saat ini dengan lebih efektif, dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing kota.

"Saya berterima kasih pada ASPI atas masukannya. Sebagai organisasi akademik beranggotakan 100 program perencanaan wilayah dan kota di 74 universitas dari Sabang sampai Merauke," jelasnya.

x|close