Riset Indef: Makan Bergizi Gratis Tambah Lapangan Kerja hingga Dongkrak Pendapatan UMKM

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 18:31
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka didampingi Penjabat Wali Kota Nurdin memantau uji coba makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024) Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka didampingi Penjabat Wali Kota Nurdin memantau uji coba makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024) ((ANTARA/Irfan))

Ntvnews.id, Jakarta - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menghitung dampak ekonomi program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang akan dilaksanakan Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Riset INDEF menunjukkan manfaat yang diterima oleh mitra pengemudi ojek online yang terlibat dalam program makan bergizi gratis.

Pada konteks ini, rata-rata peningkatan pendapatan bersih per hari yang diterima oleh mitra pengemudi di 10 kota/kabupaten yang melaksanakan uji coba program makan bergizi gratis sebesar 17 persen.

Kemudian, mitra pengemudi yang terlibat uji coba program makan bergizi gratis rata-rata bertambah pemesanan atau order sebanyak 2 pemesanan per hari.

Artinya, mitra pengemudi dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dengan semakin meluasnya program MBG ke depannya.

Esther Sri Astuti, Direktur Eksekutif INDEF, menuturkan bahwa rencana implementasi program makan bergizi gratis harus memastikan agar seluruh rangkaian program telah mengoptimalkan peran dari berbagai pemangku kepentingan terkait.

“Penyediaan bahan pangan harus diarahkan untuk pemberdayaan UMKM dan petani lokal. Selanjutnya, pada konteks perkotaan tier 1 dan tier 2 di Indonesia, kolaborasi bersama mitra pengemudi dari layanan transportasi daring dapat dilakukan dalam proses pengantaran makanan dari UMKM ke sekolah. Tidak lupa juga agar sampah dan limbah hasil makanan dari program MBG harus dapat diolah dan didaur ulang," ucap Esther dalam keterangannya dikutip, Selasa (22/10/2024).

Lebih lanjut, hasil riset Indef menunjukkan bahwa alokasi belanja program makan bergizi gratis tahun 2025 dapat mendorong pertumbuhan PDB sebesar 0,06 persen atau sebesar Rp14,61 triliun PDB harga berlaku tahun 2025.

Anggaran program makan bergizi gratis turut dapat mendorong pertumbuhan penyerapan tenaga kerja sebesar 0.19 persen dan mendorong pertumbuhan upah tenaga kerja sebesar 0.39 persen.

Pada sisi lain, alokasi belanja makan bergizi gratis ini akan mendorong pertumbuhan impor, yakni 0,24 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekspor, yakni 0,13 persen, dan investasi dalam negeri, yaitu 0.06 persen.

Dengan demikian, program MBG agar terdesentralisasi menggunakan sumber pangan dan bahan baku lokal sehingga biaya distribusi lebih murah, mengurangi nilai impor, dan meningkatkan kesejahteraan petani serta UMKM.

Berikutnya, riset Indef menunjukkan bahwa uji coba program makan bergizi gratis telah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan pembukaan lapangan pekerjaan oleh para pelaku UMKM.

Dalam hal ini, rata-rata penambahan pendapatan bersih per bulan pada UMKM yang terlibat uji coba program makan bergizi gratis mencapai 33,68 persen.

Selain itu, UMKM yang terlibat uji coba program makan bergizi gratis rata-rata menambah tenaga kerja sebanyak 3 orang.

Dengan demikian, program makan bergizi gratis dengan cakupan yang semakin luas berpotensi menambah kesejahteraan pelaku UMKM dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

x|close