Erick Thohir dan Amran Sinergi Kejar Target Presiden Prabowo, Swasembada Pangan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 19:29
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ditemui usai melakukan diskusi terkait BUMN Pangan guna menyukseskan swasembada pangan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ditemui usai melakukan diskusi terkait BUMN Pangan guna menyukseskan swasembada pangan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (22/10/2024). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan pertemuan di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa, 22 Oktober 2024. 

Dalam pertemuan tersebut keduanya memastikan untuk bersinergi untuk mewujudkan swasembada pangan dan menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia.

"Pak Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan saya di Kementerian BUMN mendukung dan memastikan untuk bersinergi mewujudkan visi Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk Indonesia swasembada pangan secepatnya dan menjadi lumbung pangan dunia," ucap Erick dalam akun Instagramnya @erickthohir.

Erick melanjutkan bahwa Bulog, PTPN (PT Perkebunan Nusantara), Pupuk Indonesia dan RNI Holding BUMN pangan dan pembibitan melakukan koordinasi pertama agar bisa menyatukan program-program untuk mewujudkan swasembada pangan.

"Kebijakan nanti untuk PTPN untuk alokasi lahan yang memang dibutuhkan untuk swasembada pangan dan juga mohon dukungan Pak untuk yang ID Food, karena itu hari ini saya membawa dirut Bulog untuk memastikan Bulog bisa operasi pasar sesuai tupoksinya," jelas Erick.

"Lalu juga PT Pupuk kita memastikan juga tidak ada main-main di pupuk kita akan berantas," sambungnya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menambahkan, dalam mendukung swasembada pangan dibutuhkan kolaborasi antar kementerian terkait.

"Hari ini kita tidak boleh lagi ego sektoral kita kolaborasi pertanian tidak mungkin swasembada tanpa kolaborasi dengan sektor lain, sekali lagi pak erick terima kasih banyak," ucap Amran.

Untuk diketahui, Presiden Prabowo meyakini Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan paling lambat 4 sampai 5 tahun ke depan.

"Saya yakin paling lambat 4 sampai 5 tahun, kita akan swasembada pangan, bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," kata Prabowo dalam pidato usai dilantik, Minggu (20/10).

Prabowo mengungkapkan bahwa swasembada pangan harus diwujudkan untuk mencegah ketergantungan pada bahan pangan negara-negara lain.

x|close