Berapa Nilai 1 Juta Dolar Zimbabwe dalam Rupiah dengan Mata Uang Baru?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Okt 2024, 15:05
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Mata uang baru Zimbabwe, Zimbabwe Gold atau disingkat ZiG. Mata uang baru Zimbabwe, Zimbabwe Gold atau disingkat ZiG. (Tangkapan layar X)

Ntvnews.id, Jakarta - Situasi mata uang Zimbabwe saat ini lebih stabil dibandingkan pada 2009, ketika negara tersebut mengalami hiperinflasi yang parah.

Pada masa itu, dolar Zimbabwe (ZWD) mengalami penurunan ekstrem, di mana 1 USD yang setara dengan sekitar Rp11.935 bernilai Z$300 triliun.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Dalami Kasus Asusila Guru Les di Kebayoran Lama

Akibat krisis ini, Zimbabwe akhirnya berhenti mencetak dan mengakui ZWD sebagai mata uang resmi.

Sebagai gantinya, Zimbabwe memperkenalkan mata uang baru yang didukung oleh emas, yang disebut Zimbabwe Gold atau disingkat ZiG.

Baca Juga: Penampakan Menteri Kabinet Merah Putih Berangkat ke Magelang Naik Hercules

Berdasarkan sejumlah situs kurs asing pada 2024, nilai tukar dolar Zimbabwe saat ini berkisar antara Rp48 hingga Rp50. Jadi, 1 juta dolar Zimbabwe setara dengan sekitar Rp48 juta rupiah.

Meskipun Zimbabwe telah beralih ke mata uang baru yang didukung emas (ZiG), masalah ekonomi belum sepenuhnya terselesaikan.

Pada September 2024, nilai ZiG mengalami penurunan sebesar 44%. Namun, ekonom independen Zimbabwe, Mupandawana, yang juga merupakan mahasiswa doktoral di Universitas Riset Afrika di Zambia, mengatakan bahwa penurunan ini merupakan penyesuaian menuju nilai riilnya dan mencerminkan kondisi ekonomi Zimbabwe yang sesungguhnya.

Inilah gambaran nilai mata uang Zimbabwe dibandingkan dengan rupiah saat ini, setelah negara tersebut mengganti mata uang lamanya dengan yang baru.

x|close