Apa Itu Layanan Interactive QRIS yang Diberhentikan Sementara?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 13:34
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
QRIS/Dok.Bank Indonesia QRIS/Dok.Bank Indonesia

Ntvnews.id, Jakarta - InterActive QRIS merupakan bentuk dukungan dari perusahaan fintech dalam mendukung program QRIS Bank Indonesia untuk mempromosikan masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) serta membantu digitalisasi bisnis UKM di seluruh Indonesia.

Namun, sejak Jumat, 25 Oktober 2024, layanan keuangan digital berbasis pembayaran QR Code melalui InterActive QRIS telah dihentikan sementara waktu.

Lalu pa Itu Interactive QRIS?

QRIS

Dilansir dari qris.online, Minggu, 27 Oktober 2024, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah standar kode QR nasional yang diciptakan untuk mempermudah pembayaran menggunakan kode QR di Indonesia.

Baca Juga: 4 Fakta Layanan InterActive QRIS Diberhentikan Sementara, Ternyata Gegara Hal Ini

QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Apa itu InterActive QRIS?

Dari sumber yang sama menjelaskan bahwa InterActive QRIS adalah inisiatif dari PT. InterAktif Internasional yang bertujuan mendukung program QRIS Bank Indonesia dalam mendorong terciptanya masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) melalui pembayaran digital

Permintaan Maaf

Dalam unggahannya, InterActive QRIS juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh keputusan ini. 

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini," jelasnya.

x|close