Kemendikdasmen: Industri Gim Harus Tingkatkan Kualitas Karya Siswa SMK

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Nov 2024, 15:17
Muhammad Hafiz
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Abdul Mu'ti Abdul Mu'ti (NTVNews.id/Rizky)

Ntvnews.id , Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar Menengah (Kemendikdasmen) menekankan pentingnya adanya forum-forum dialog secara rutin dengan Badan Investasi dan Perdagangan Polandia (PAIH), yang diprakarsai oleh Gamecomm Indonesia, terkait industri gim.

Menurut Peneliti dan Ketua Tim Kerja Penyelarasan Pendidikan Vokasi Direktorat Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikdasmen, Sulistyo Mukti Cahyonokegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi industri gim di Indonesia.

Polandia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengembang gim terbesar di dunia, yang telah menciptakan gim AAA seperti Cyberpunk 2077 dan The Witcher Series dari CD Projekt Red.

baca juga:  Menkum: Sistem Pencatatan Online Social Enterprise Perkuat Ekonomi yang Adil

“Forum-forum semacam ini sangat penting agar siswa SMK dan siswa Politeknik bisa berdiskusi, meningkatkan kualitas karya yang mereka buat,” ujar Sulistyo dikutip dari Antara, Kamis, 14 November 2024.

Dengan adanya forum yang melibatkan narasumber kompeten di industri gim, diharapkan siswa Indonesia dapat memperluas pengetahuan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam industri gim.

Pemerintah Indonesia, melalui Peraturan Presiden No. 19 tahun 2024, menekankan pentingnya Indonesia untuk bergerak cepat dalam merespons perkembangan industri gim yang sudah sangat populer di masyarakat.

Perpres tersebut diharapkan dapat mempercepat pengembangan industri gim di Indonesia dengan memanfaatkan bakat-bakat muda, serta memperkuat hubungan antara Indonesia dan Polandia melalui dialog ini.

Selain siswa dan mahasiswa, guru dan dosen juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam forum ini untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas karya yang dihasilkan.

“Kami berharap para guru dan dosen di pendidikan vokasi dapat berkontribusi dalam kegiatan ini untuk memperkaya portofolio mereka dan meningkatkan kualitas karya yang mereka hasilkan,” jelas Sulistyo.

CEO dan Co-Founder Gamecomm Indonesia, Sere Kalina, menambahkan bahwa kegiatan ini sangat menguntungkan bagi industri gim lokal untuk memperoleh pengetahuan dari produsen gim di Polandia.

Lebih lanjut, Sere berharap acara ini dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Polandia, serta memberikan kesempatan bagi talenta Indonesia untuk belajar langsung di Polandia.

“Acara ini diharapkan dapat memperkuat hubungan kedua negara, dan mungkin ke depannya bisa ada program pertukaran pelajar atau lebih banyak talenta Indonesia yang bekerja di industri gim Polandia,” ujar Sere.

Baca JugaEkosistem Judi Online Berkamuflase di Game Online, Anak-anak Menjadi Korban

“Atau bahkan mungkin ada kerja sama antara studio gim Indonesia dan Polandia untuk membuat gim bersama,” tambahnya.

Sebagai informasi, Polandia juga terkenal dengan gim AA seperti This War of Mine dan Frostpunk yang dikembangkan oleh 11 bit studios, yang menawarkan cerita mendalam dan pilihan moral yang kompleks.

Industri gim di Polandia berkembang pesat dengan lebih dari 490 studio dan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara melalui ekspor gim yang mencapai 96 persen dari total produksi.

x|close