Kian Dekat Jadi Anggota OECD, Menko Airlangga Yakin RI Bisa Jadi Negara Maju

NTVNews - 29 Mei 2024, 14:40
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlngga Hartarto mengatakan, pemerintah menargetkan Indonesia menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dalam tiga tahun mendatang.

Menko Airlangga menyebut, keanggotaan Indonesia dalam OECD akan turut berperan penting dalam mendorong transformasi ekonomi untuk mencapai Indonesia emas 2045. Salah satunya terlepas dari middle income trap dan menjadi negara maju.

"Aksesi OECD ini penting untuk mengawali proses Indonesia lepas dari middle income trap dan masuk menjadi negara maju. Target Indonesia emas di 2045 agar kita bisa tumbuh ekonominya yang inklusif dan berkelanjutan dan keluar middle income trap dengan negara berpenghasilan tinggi," ujar Airlangga, Rabu (29/5/2024).

Lanjut kata Menko Airlangga, pemerintah menargetkan pendapatan per kapita mencapai di atas USD10.000 dalam 10 tahun ke depan untuk menjadi negara maju.

"Kemudian dalam 20 tahun ke depan kita tingkatkan lagi menjadi USD24.000-30.000," ucap Airlangga.

Menko Airlangga juga mengungkapkan, keanggotaan OECD bisa memperluas relasi Indonesia dalam mencari investasi, serta mendorong pendapatan domestik bruto (PDB) sekitar 1%.

"Artinya manfaat bagi dunia usaha, para pekerja dan UMKM itu juga akan mendorong ketahanan ekonomi nasional dan lapangan kerja, jelasnya.

Halaman
x|close