Ntvnews.id, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui Kementerian Keuangan telah mengumumkan cara pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan untuk tahun 2025.
Pembayaran wajib pajak bagi penghasilan di bawah Rp60 juta per tahun dan di atas Rp 60 juta per tahun menggunakan formulir SPT 1770 SS melalui DJP Online saat hendak melaporkan pajak.
Hal ini berlaku pada Januari 2025,. Berikut cara Lapor SPT, dilansir berbagai sumber:
- Cara Lapor SPT Penghasilan di Bawah Rp60 Juta Per Tahun
1. Kunjungi situs DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/account/login.
2. Masukkan NPWP dan kata sandi, lalu masukkan kode keamanan/CAPTCHA.
3. Pilih menu "Lapor" Pilih layanan "e-Filing".
4. Isi tahun pajak, status SPT, dan status pembetulan Isi bagian A. Pajak Penghasilan. Misal pegawai negeri: masukkan data sesuai dengan formulir yang diberikan oleh bendahara.
5. Kemudian tekan tambah, dan isi bagian B jika memiliki pajak penghasilan tambahan seperti mendapatkan hadiah undian, dan sebagainya.
6. Lalu isi bagian C untuk mengisi harta dan kewajiban yang dimiliki. Bisa motor, logam mulia, rumah, perabot rumah, dan sebagainya.
7. Isi bagian D. Pernyataan dengan klik "Setuju" hingga muncul ikon centang.
8. Ringkasan dan pengambilan kode verifikasi SPT Anda kini telah diisi dan dikirim. Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT telah dikirim ke email anda.
- Cara Lapor SPT Penghasilan di Atas Rp 60 Juta Per Tahun
1. Login di situs DJP Online di link ini. https://djponline.pajak.go.id/account/login.
2. Masukkan NPWP dan kata sandi, lalu masukkan kode keamanan/CAPTCHA.
3. Pilih menu "Lapor" Pilih layanan "e-Filing".
4. Pilih "Buat SPT" Ikuti panduan yang diberikan, termasuk yang berbentuk pertanyaan Jika sudah paham dalam mengisi formulir SPT 1770 S pilih form "Dengan Bentuk Formulir".
5. Isi data formulir yang akan diisi seperti Tahun Pajak, Status SPT, dan Pembetulan Ke - (jika mengajukan pembetulan SPT).
6. Bukti pemotongan pajak, Jika Anda memiliki Bukti Pemotongan Pajak, tambahkan dalam langkah kedua atau klik "Tambah+".
7. Isi data Bukti Potong Baru yang terdiri dari Jenis Pajak, NPWP Pemotongan/Pemungut Pajak, Nama Pemotong/Pemungut Pajak, Nomor Bukti Pemotongan/Pemungutan, Tanggal Bukti Pemotongan/Pemungutan Pajak.
8. Jumlah PPh yang Dipotong/Dipungut, Bagi mereka yang merupakan ASN, Pemotongan Gaji PNS oleh Bendahara tertuang dalam formulir 1721-A2. Setelah disimpan, akan tampil dalam ringkasan pemotongan pajak di langkah selanjutnya.
9. Masukkan penghasilan neto dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan.
10. Masukkan penghasilan dalam negeri lainnya (bila ada).
11. Masukkan penghasilan luar negeri (bila ada).
12. Masukkan Penghasilan yang telah dipotong PPh Final (bila ada).
13. Daftar Harta, Tambahkan harta yang Anda miliki. Jika tahun sebelumnya Anda sudah melaporkan daftar harta dalam e-Filing, Anda dapat menampilkan kembali dengan klik "Harta Pada SPT Tahun Lalu".
14. Tambahkan Utang yang Anda miliki. Jika tahun sebelumnya Anda sudah melaporkan daftar utang dalam e-Filing, Anda dapat menampilkan kembali dengan klik "Utang Pada SPT Tahun Lalu".
15. Tambahkan tanggungan yang Anda miliki. Jika tahun sebelumnya Anda sudah melaporkan tanggungan dalam e-Filing, Anda dapat menampilkan kembali dengan klik "Tanggungan Pada SPT Tahun Lalu".
16. Isi Zakat/Sumbangan Keagamaan Wajib yang Anda bayarkan ke Lembaga Pengelola yang disahkan oleh Pemerintah.
17. Isi "Status Kewajiban Perpajakan Suami Istri" yang sesuai, bila Anda melakukan kewajiban perpajakan secara terpisah dengan suami/istri, hidup berpisah, atau melakukan perjanjian pemisahan harta. Misal: wajib pajak adalah kepala keluarga dan istri tidak bekerja.
18. Pilih Pajak Penghasilan (Pasal 21).
19. Kemudian isi pengembalian/pengurangan PPh Pasal 24 dari penghasilan luar negeri (bila ada).
20. Selanjutnya, isi dengan Pembayaran PPh Pasal 25 dan Pokok SPT PPh Pasal 25 (bila ada).
21. Cek penghitungan Pajak Penghasilan (PPh).
22. Cek juga apakah ada status "Lebih Bayar" atau "Kurang Bayar" atau "Nihil" Jika "Nihil" lakukan Penghitungan PPh Pasal 25 (bila ada).
23. Klik "Langkah Berikutnya".
24. Lakukan konfirmasi dengan klik "Setuju/Agree" pada kotak yang tersedia dan pilih "Langkah Berikutnya"