Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Sudah Segini Progresnya

NTVNews - 3 Jun 2024, 21:40
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menhub Budi Karya cek progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) Menhub Budi Karya cek progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan saat mengecek progres Bandara IKN seperti lokasi landasan pacu dan gedung terminal.

Menurutnya, progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

"Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, Menhub mengapresiasi semua pihak khususnya Kementerian PUPR dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini. Ia pun berharap Bandara IKN dapat selesai pada 1 Agustus 2024.

"InsyaAllah Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti," ucap Menhub.

Menhub Budi Karya Sumadi. (Antara) Menhub Budi Karya Sumadi. (Antara)

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC.

Halaman
x|close