Menhub Ungkap Strategi Dorong Penyediaan Kendaraan Listrik di Kawasan IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jun 2024, 16:12
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
strategi Kemenhub penyediaan kendaraan listrik di IKN strategi Kemenhub penyediaan kendaraan listrik di IKN

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penyediaan kendaraan listrik di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut mendukung konsep pengembangan kota yang ramah lingkungan dan rendah emisi di kawasan IKN.

"Kemenhub memprioritaskan penyediaan alat transportasi rendah emisi, dalam hal ini kendaraan listrik di kawasan IKN. Ini penting untuk menjaga kualitas udara di wilayah IKN," ujar Menhub dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6/2024).

Lanjut kata Menhub, untuk mencapai nol emisi di kawasan IKN, Kemenhub telah menyiapkan beberapa strategi mulai dari menyiapkan layanan angkutan antarmoda di wilayah penyangga IKN.

Adapun jaringan layanan angkutan antarmoda dari kota penyangga IKN menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang sudah dan akan beroperasi, antara lain angkutan antarmoda Balikpapan-IKN (Rest Area) dan angkutan antarmoda Samarinda-IKN (Park n Ride 2).

Untuk diketahui, layanan angkutan antarmoda Balikpapan-IKN via Simpang Samboja sudah beroperasi sejak 1 November 2022.

Setelah beroperasinya jalan tol IKN, layanan angkutan antarmoda Balikpapan-IKN akan berganti menjadi via tol, begitu pula dengan layanan angkutan antarmoda Samarinda-IKN.

Halaman
x|close