Rumah Cicilan dari Tapera Ternyata Bentuknya Rusun

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 12:59
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
BP Tapera/Muslimin BP Tapera/Muslimin

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) buka suara mengenai spesifikasi rumah yang akan diperoleh peserta Tapera.

Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho mengatakan, program Tapera tidak hanya fokus membangun rumah tapak, tapi juga hunian dengan konsep vertikal atau rumah susun.

Menurutnya ketersediaan lokasi yang strategis merupakan tantangan bagi pihaknya dalam membangun rumah tapak saat ini.

"Kalau dilihat strukturnya dari backlog 9,9 juta itu sebagian besar adalah masyarakat di perkotaan yang tanahnya sudah tidak terjangkau," ucap Heru di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Lebih lanjut, Haru menegaskan pihaknya saat ini berusaha untuk meyakinkan masyarakat membiasakan tinggal di hunian vertikal.

BP Tapera/Muslimin BP Tapera/Muslimin

"Makanya mindset untuk membiasakan masyarakat hidup di rumah vertikal itu jadi tantangan, karena kreddit yang dari FLPP maupun yang dana Tapera itu juga kita gunakan biayai untuk rumah vertikal atau susun, bukan hanya rumah tapak," ungkapnya.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menambahkan, pemerintah berupaya lokasi pembangunan rumah program Tapera memiliki waktu tempuh yang terjangkau di pusat perkantoran.

Halaman
x|close