Pemerintah Tawarkan China Investasi ke RI Buat 3 Proyek Kereta Api, Salah Satunya di IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jun 2024, 08:31
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Pemerintah tawarkan pengembangan tiga proyek kereta api Indonesia di Forum Internasional Shanghai Pemerintah tawarkan pengembangan tiga proyek kereta api Indonesia di Forum Internasional Shanghai

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan tiga proyek pembangunan perkeretaapian Indonesia kepada investor.

Tawaran itu disampaikan dalam forum dan pameran 17th Shanghai International Exhibition of Intercity and Urban Mass, Rail+Metro China 2024 di Shanghai, China.

Ketiga proyek kereta api yang ditawarkan meliputi kereta api (KA) Perkotaan Bandung, KA Bandara serta KA perkotaan IKN.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengatakanbahwa ketiga proyek tersebut merupakan bagian dari rencana strategis DJKA 2024-2029.

Jalan Tol IKN Nusantara Jalan Tol IKN Nusantara

"Dalam mewujudkan target pada Renstra berikutnya, kami membuka peluang bagi bapak,ibu untuk bersama-sama memaksimalkan pembangunan sektor perkeretaapian Indonesia, termasuk tiga proyek dengan potensi ekonomi tinggi tersebut," ucap Risal dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024).

KA Perkotaan Bandung dipilih menjadi salah satu proyek yang ditawarkan mengingat perannya yang sangat strategis untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat yang tinggi, sekaligus menghubungkan layanan Kereta Cepat Whoosh dengan pusat-pusat kegiatan ekonomi di kawasan metropolitan ini.

Dalam hal ini, Proyek KA perkotaan Bandung diproyeksikan akan memiliki rasio pengembalian investasi (Investment Return Rate/IRR) sebesar 11,9% dan didukung dengan viability gap fund sebesar 49%.

Halaman
x|close