Menko Airlangga Ajak Rusia Kerja Sama Kembangkan Energi Nuklir di RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Jun 2024, 07:10
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menko Airlangga ajak Rusia kerja sama kembangkan energi nuklir Menko Airlangga ajak Rusia kerja sama kembangkan energi nuklir

Ntvnews.id, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menawarkan kerja sama kepada Rusia untuk pengembangan energi nuklir.

Langkah ini menjadi opsi untuk opsi ketenagalistrikan serta untuk keperluan non-energi seperti kesehatan dan pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Menko Airlangga saat bertemu pimpinan Perusahaan terkemuka Rusia, yaitu dengan Perusahaan JSC Rosatom diwakili First Deputy CEO for Corporate Development and International Business Kiril Komarov.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang fokus beberapa hal terkait isu energi bersih sebagai bagian dari transisi energi.

"Energi nuklir dapat menjadi salah satu opsi bagi ketersediaan listrik bagi masyarakat tanpa harus mengotori lingkungan. Rusia juga diundang untuk bekerja sama dalam pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia," ucap Airlangga dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Menko Airlangga melanjutkan, hal ini adalah wujud dari komitmen Pemerintah RI dalam rangka mewujudkan proses transisi energi yang telah dimulai beberapa tahun lalu.

"Rosatom memiliki pengalaman yang cukup panjang untuk dapat melakukan kerja sama yang baik dan komprehensif dengan Indonesia. Rosatom akan menyiapkan berbagai hal bukan hanya di sisi konstruksi, namun juga analisis detil dari sisi sosial ekonominya," jelas Deputi Komarov.

Halaman
x|close