Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 Persen

NTVNews - 3 Mei 2024, 20:22
Muslimin
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menkeu Sri Mulyani Menkeu Sri Mulyani

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 akan tetap di atas 5 persen.

"Di tengah dinamika ketidakpastian global, kinerja ekonomi domestik masih cukup resilien. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2024 diperkirakan akan tetap di atas 5 persen dan menguat dibandingkan triwulan IV-2023," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK, Jumat (3/5/2024).

Bendahara Negara itu menilai pertumbuhan ekomi yang positif tersebut didukung permintaan domestik yang tetep kuat baik dari sisi konsumsi pemerintah, rumah tangga dan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT).

"Seiring dengan penyelenggaraan Pemilu yang mendorong front loading belanja pemerintah, kebijakan APBN dengan kenaikan gaji ASN dan pensiunan, serta Tunjangan Hari Raya (THR) dan tunjangan kinerja 100 persen memberikan dukungan kepada belanja pemerintah yang memperkuat belanja masyarakat," ungkapnya.

Kemudian ia juga optimis investasi juga lebih tinggi dari perkiraan yang ditopang berlanjutnya Proyek Strategis Nasional di sejumlah daerah dan aktivitas kontruksi properti swasta merupakan dampak positif dari insentif pemerintah.

Kendati demikian, Sri Mulyani menyebut kinerja ekspor masih belum cukup kuat sejalan dengan moderasi harga komoditas dan lemahnya permintaan global.

"Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2024 diperkirakan tetap berada di sekitar 5 persen," tandasnya.

x|close