Fortune Umumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara, Pertamina dan PLN Masuk 10 Besar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jun 2024, 14:33
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pertamina/Ist Pertamina/Ist

Ntvnews.id, Jakarta - Fortune merilis peringkat 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara melalui Fortune Southeast Asia 500 untuk tahun 2024.

Fokus Fortune pada wilayah Asia Tenggara ini karena mempunyai peran penting dalam perekonomian global setelah pergeseran rantai pasok dan perkembangan pesat ekonomi kawasan tersebut.

Fortune mengukur ranking teratas perusahaan dari tujuh negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina dan Kamboja.

Indonesia mendominasi dengan 110 perusahaan, lalu disusul Thailand dengan 107 perusahaan. Sementara Malaysia dengan 89 perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut.

Kemudian Vietnam dengan 70 persuhaan dalam daftar tersebut, Filipina dengan 38 perusahaan dan Kamboja dengan dua perusahaan.

Sepuluh perusahaan teratas dalam daftar 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara diisi sektor industri yang beragam. Sektor energi menempati tiga posisi teratas, dengan PTT Thailand di nomor 2, Pertamina Indonesia di nomor 3, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Indonesia di nomor 6.

Singapura memiliki jumlah perusahaan terbanyak di 10 teratas, dengan Trafigura di nomor 1, Wilmar di nomor 4, Olam di nomor 5, Flex di nomor 8, dan DBS di nomor 10. Perusahaan lainnya dalam 10 besar CP All Thailand di nomor 7 dan San Miguel Filipina di nomor 9.

Halaman
x|close