Realisasi Anggaran IKN Dari APBN Rp5,5 Triliun Hingga Mei 2024, Berikut Rinciannya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 20:05
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN). Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan realisasi anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 5,5 triliun hingga Mei 2024.

Adapun jumlah tersebut sudah 13,7% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 sebesar Rp40 triliun.

"Tahun ini Rp5,5 triliun sudah dibelanjakan hingga Mei dari pagu tahun ini yang cukup signifikan yaitu Rp40 triliun," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA Edisi Juni 2024, Kamis (27/6/2024).

Bendahara Negara itu merincikan dari anggaran Rp5,5 triliun tersebut sebesar Rp3,4 triliun terealisasi klaster infrastruktur.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan gedung di kawasan Istana Negara Kawasan Kemenko dan Kementerian lain serta Gedung OIKN.

Kemudian untuk membangun tower rusun ASN dan Hankam, rumah tapak menteri, rumah sakit IKN. Lalu juga pembangunan jalan tol IKN, jalan dan jembatan IKN dan bandara VVIP.

Tak hanya itu, anggaran tersebut juga digunakan untuk penataan dan penyempurnaan kawasan bendungan Sepaku Semoi, embung KIPP, pengendalian banjir IKN.

Halaman
x|close