Tower Hunian Rampung November 2024, ASN dan TNI-Polri Siap-siap Pindah ke IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 09:07
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN). Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan phaknya telah menyiapkan skema terkait pemindahan PNS dari Jakarta ke IKN.

Menteri PANRB menjelaskan terkait progres jumlah ASN yang akan pindah ke IKN tentunya berdasarkan ketersediaan hunian.

Adapun menurutnya sebanyak 47 tower akan selesai pada November 2024 dimana 29 tower akan diisi oleh ASN, TNI/Polri.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian PPN/Bappenas bahwa terdapat 47 tower yang selesai dibangun hingga bulan November 2024 dengan rincian 29 tower akan diisi ASN dan sisanya diisi TNI/Polri," ucap Anas dalam unggahan Instagram @kemenpanrb dikutip, Senin (8/7/2024).

Lebih lanjut, untuk mendukung kinerja pemerintah di IKN, alokasi sumber daya manusia (SDM) ASN ke IKN dilakukan dalam tiga cara, yaitu pemindahan ASN secara bertahap sesuai penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian.

Kedua formasi khusus rekrutmen CPNS untuk penempatan di IKN dan terakhir mutasi pegawai dari pemda di sekitar IKN.

"Kami telah membuat skenario lebih detil termasuk siapa saja ASN yang akan pindah by name. Jadi setiap kementerian, siapa saja yang akan pindah juga sudah ada datanya sesuai dengan ketersediaan hunian," tandasnya.

x|close