Rumah Menteri di IKN Capai 87 Persen, Basuki: Insya Allah Juli Rampung

NTVNews - 7 Mei 2024, 11:15
Habieb Febriansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (Antara)

Ntvnews.id, IKN - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengumumkan bahwa progres pengerjaan rumah dinas 36 menteri Indonesia di IKN, Kalimantan Timur, telah mencapai 87 persen.

Ditargetkan pembangunan rumah menteri rampung secara menyeluruh pada Juli 2024.

"87 persen tapi nanti Juli pasti sudah 36 rumah," kata Basuki Hadimuljono saat peninjauan rumah dinasnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, dikutip dari Antara, Selasa, 7 Mei 2024.

Rumah dinas dua lantai dengan empat kamar tidur tersebut dibangun dengan menggunakan produk dalam negeri, mendukung program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Meski demikian, sistem smart home-nya tidak memenuhi TKDN.

Selain itu, rumah dinas tersebut akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 6.600 watt untuk memenuhi kebutuhan listrik secara menyeluruh. Sementara suplai air dari reservoir KIPP dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas, dengan air yang dapat diminum langsung.

Sebelumnya, Menteri Basuki juga mengungkapkan bahwa proyek arsitektural interior di Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN juga telah mencapai 67 persen.

"Istana itu sudah 67 persen, nanti Juni sudah selesai, sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan Kantor Presiden itu sudah 80 persen lebih. Jadi semuanya insya Allah selesai pada bulan Juni," kata dia saat meninjau infrastruktur Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, Senin (6/5/2024)

Halaman
x|close