Lapangan Upacara HUT ke-79 di IKN Sudah Siap Digunakan, Bisa Tampung 8 Ribu Orang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jul 2024, 13:31
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Lapangan upacara HUT ke-79 di IKN Lapangan upacara HUT ke-79 di IKN

Ntvnews.id, Jakarta - Satgas Perencanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menyampaikan kesiapan infrastruktur menjelang upacara 17 Agustus di IKN, Kalimantan Timur.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi mengatakan, untuk lapangan upacara HUT ke-79 kemerdekaan Ri di IKN sudah siap digunakan.

"Upacara sudah pasti bisa dilakukan, podiumnya juga sudah selesai. Semua sudah berfungsi 100 persen dan siap untuk digunakan upacara," ucap Imam dalam konferensi pers virtual Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Kamis (11/7/2024).

Lebih lanjut, Imam menjelaskan lapangan upacara di IKN dapat menampung 8.000 orang. Namun untuk tamu undangan yang akan hadir akan diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara.

"Kapasitasnya cukup banyak untuk lapangan upacara sekitar 8.000an, tapi untuk tamu yang akan mengatur dari Kemensetneg," ungkapnya.

Baca juga: 30 Atlet dari IKN Dipersiapkan untuk Tampil di PON Aceh dan Sumut

Selain itu, ia berharap untuk kantor presiden ditargetkan selesai pada akhir Juli ini.

"Kantor presiden ini semua harapannya Juli ini sudah hampir semua bilah-bilah Garuda Juli ini kita selesaikan, semua komponen elektrikal dan sebagainya untuk fungsional bangunan kita selesaikan semua," ucapnya.

Sebelumnya, Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni mengatakan, pembangunan lapangan upacara yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan telah memasuki tahap akhir.

Pemerintah terus mempercepat pembangunan untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dapat siap mendukung terlaksananya upacara di Nusantara.
 
"Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan Upacara Kemerdekaan dengan baik. Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan," ujar Raja Juli, Rabu (10/07).

Baca juga: Panglima TNI Spill Acara HUT RI di Jakarta dan IKN

Lebih lanjut, dengan realisasi pembangunan lapangan upacara yang baik tersebut, ia optimis Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Nusantara yang merupakan momen bersejarah dapat terlaksana dengan lancar.

"Kami optimis proyek ini dapat siap dan dengan kualitas yang baik," tutur Raja Juli.  

Halaman
x|close