Panen Kopi di Lampung Barat, Jokowi Minta Semua Komoditas Masuk Industrialisasi dan Hilirisasi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jul 2024, 17:03
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi panen kopi di Lampung Barat Presiden Jokowi panen kopi di Lampung Barat

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua komoditas perkebunan dan pertanian harus masuk dalam industrialisasi dan masuk ke hilirisasi.
 
"Semua komoditas pertanian kita harus masuk kepada industrialisasi dan masuk ke hilirisasi," ujar Jokowi di Lampung Barat, Jumat (12/7/2024).
 
Dengan adanya industrialisasi dan hilirisasi komoditas perkebunan ataupun pertanian diharapkan bisa meningkatkan nilai jual komoditas sehingga menunjang kesejahteraan petani.
 
"Semua harusnya bisa dilakukan pengemasan yang siap ekspor seperti yang ada di sini," katanya.
 
Dia menjelaskan seharusnya perdagangan komoditas perkebunan dan pertanian di berbagai daerah saat ini tidak dilakukan dalam bentuk bahan mentah melainkan menjadi beragam produk turunan.

Baca juga: Perpres Percepatan IKN Diteken Jokowi, Investor Bisa Kelola Lahan Sampai 190 Tahun
 
"Sebaiknya perdagangan komoditas ekspor ini bukan dalam bentuk mentah yang berpuluh-puluh atau sejak ratusan tahun kita lakukan. Komoditas dalam bentuk mentah ini harus di hilirisasi menjadi produk turunan," ucap dia.
 
Jokowi melanjutkan hilirisasi itu dapat dilakukan di Provinsi Lampung untuk beberapa komoditas unggulan daerah seperti kopi.
 
"Ini harus di hilirisasi tidak hanya kopi, cokelat, sawit semuanya bisa, baik komoditas perkebunan tapi juga komoditas pertanian," tambahnya.
 
Ia melanjutkan selama ini petani setempat menjual hasil panen kopi hanya dalam bentuk biji belum dipanggang.

Baca juga: Ditanya Fokus Jokowi ke Anak dan Mantu, Ini Kata Mahfud MD
 
"Dengan industrialisasi dan hilirisasi kopi ini setidaknya bisa membantu petani agar kopi tidak dijual terlalu murah karena ada penampungan yang jelas," katanya .

Kemudian pasar serta kualitasnya juga jadi terjaga karena tidak ada lagi yang petik asalan.

Halaman
x|close