Tol Balikpapan-IKN Ditargetkan Beroperasi 17 Agustus, Sudah Segini Progresnya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jul 2024, 17:31
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jalan Tol IKN Nusantara Jalan Tol IKN Nusantara

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat pengerjalan jalan tol dari Kota Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mencapai 90 persen.

Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara Danis Hidayat Sumadilaga di Penajam mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengerjaan tol sesi 3A, 3B, dan 5A.

"Kemajuan pengerjaan tol itu rata-rata sudah 90 persen, awal yang difungsikan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur digunakan menuju Kota Nusantara," ucap Danis, Sabtu (20/7/2024).
 
Adapun jalan bebas hambatan dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara tersebut ditargetkan dapat difungsikan sebelum Upacara ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 yang digelar di IKN.

Baca juga: Ngeri! Mobil Terbakar di Tol MBZ, Disusul Kecelakaan Beruntun

Baca juga: Bakal Dibekali Financial Center Seperti di Dubai, Presiden Jokowi Tunggu Lampu Hijau untuk Ngantor di IKN
 
Selain jalan tol, Danis menyebut Plaza Seremoni (lapangan upacara) dan Kantor Kepresidenan di IKN juga sudah bisa difungsikan untuk pelaksanaan upacara kemerdekaan.
 
Infrastruktur pengadaan air, yakni Intake Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi dipastikan sudah dapat mendukung kelancaran gelaran acara perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara.
 
"Sumber air baku sudah ada dari Intake Sepaku kapasitas 3.000 liter per detik dan Bendungan Sepaku Semoi kapasitas 2.500 liter per detik yang sudah bisa difungsikan," ujar Danis.
 
Sumber air baku tahap satu bersumber dari Intake Sepaku yang diproses melalui instansi pengolahan air yang berada bersebelahan dengan Intake Sepaku.
 
Kemudian dialirkan melalui pipa sepanjang 16 kilometer menuju pusat pemerintahan Kota Nusantara, selanjutnya didistribusikan ke setiap bangunan atau gedung yang digunakan untuk acara kenegaraan.

Halaman
x|close