Menhub Mau Pengguna Kendaraan Listrik Makin Banyak Guna Turunkan Polusi Udara

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jul 2024, 09:15
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengunjungi pameran otomotif GIIAS 2024 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengunjungi pameran otomotif GIIAS 2024

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap pengguna kendaraan listrik ke depannya dapat terus meningkat seiring makin banyaknya pilihan kendaraan yang dipasarkan.

Dengan begitu, menurutnya transportasi hijau dan berkelanjutan di tanah air pun bisa cepat terealisasi.

"Satu hal yang tak kalah penting, tingkat polusi udara di Indonesia juga dapat ditekan dengan masifnya penggunaan kendaraan listrik," ungkap Menhub saat berkunjung ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Minggu (21/7/2024).

Lebih lanjut, Menhub juga berharap agar ekosistem baterai untuk kendaraan listrik dapat dikembangkan di dalam negeri.

Baca juga: Perdana Tampil di Asia Tenggara, Suzuki Pamer Mobil Listrik Konsep eVX di GIIAS 2024

Sebab, Menhub menyebut harga baterai untuk kendaraan ini cukup tinggi, yakni sekitar 30-40 persen dari harga kendaraan listrik.

"Selain impor baterai dari negara lain, tugas kita adalah melakukan penelitian yang komprehensif. Karena itu, Pemerintah telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk dapat menciptakan baterai kendaraan listrik yang lebih ekonomis dan tahan lama," jelasnya.

Menhub mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya pameran otomotif berskala besar ini.

Ia pun berharap ajang ini dapat memacu kemandirian industri otomotif secara nasional dan memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan devisa negara.

Baca juga: IMOTO Perkenalkan Motor Listrik VISION.ev, Charging Baterainya Cuma 30 Menit

Sebagai informasi, pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi dan kebijakan guna mendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

Adapun dukungan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan adalah melalui kebijakan insentif fiskal untuk tarif uji tipe dan tarif Sertifikat Uji Tipe, baik untuk KBLBB baru maupun kendaraan hasil konversi.

Halaman
x|close