Erick Thohir: Kereta Cepat Bisa Hemat Bahan Bakar Rp3,2 Triliun per Tahun

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jul 2024, 18:25
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi menjajal Kereta Cepat Whoosh Instagram @erickthohir Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi menjajal Kereta Cepat Whoosh Instagram @erickthohir

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Erick sepulang dari pembukaan Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya dan Bapak Presiden berdiskusi tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang sudah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia. Tidak hanya memangkas Waktu tempuh, tapi juga penggunaan energi yang lebih efisien," ucap Erick dalam akun Instagramnya @erickthohir dikutip Senin (22/7/2024).

Erick mengungkapkan dengan menggunakan energi listrik, Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa melakukan penghematan bahan bakar sebesar Rp3,2 triliun per tahun.

Baca juga: Buka Turnamen Piala Presiden, Jokowi dan Iriana ke Bandung Naik Whoosh

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Whoosh Disebut-sebut Bikin Rugi WIKA, KCIC Buka Suara

Menurutnya sejak diluncurkan pada Oktober 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah membawa 4 juta penumpang hingga awal Juli 2024.

"Angka tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan dan antusiasme masyarakat terhadap kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini," jelas Erick.

Erick melanjutkan, dengan adanya Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini juga mendorong angka wisatawan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah berkontribusi sebesar Rp86,5 triliun untuk PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jakarta dan Jawa Barat pada 2019-2023," tandasnya.

Halaman
x|close