5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Masyarakat Indonesia, Apa Saja?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 03:15
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi sakit Ilustrasi sakit (Freepik/ DC Studio)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia, sebagai negara dengan populasi lebih dari 270 juta jiwa, menghadapi berbagai tantangan kesehatan yang signifikan. Dari penyakit menular hingga penyakit tidak menular, malnutrisi, hingga masalah kesehatan mental.

Hal itu diperparah dengan akses terbatas ke layanan kesehatan, masyarakat Indonesia dihadapkan pada berbagai masalah yang memerlukan perhatian serius. Dalam artikel ini, akan membahas lima masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia selengkapnya.

  1. Penyakit Menular

Ilustrasi sakit <b>(Freepik)</b> Ilustrasi sakit (Freepik)

Penyakit menular masih menjadi masalah utama di Indonesia, terutama di daerah-daerah dengan akses kesehatan yang terbatas. Penyakit seperti tuberkulosis (TBC), malaria, dan demam berdarah dengue (DBD) masih sering ditemui. TBC, misalnya, masih menjadi penyebab kematian yang signifikan di Indonesia, dengan ribuan kasus baru setiap tahunnya.

  1. Penyakit Tidak Menular

Ilustrasi orang sakit <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi orang sakit (Pixabay)

Selain penyakit menular, penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung juga meningkat. Gaya hidup modern, pola makan yang tidak sehat, serta kurangnya aktivitas fisik berkontribusi terhadap peningkatan prevalensi PTM. Penyakit jantung dan stroke kini menjadi penyebab kematian utama di Indonesia.

  1. Malnutrisi

Ilustrasi Anak Sakit <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Anak Sakit (Pixabay)

Halaman
x|close