Bangga! 5 Negara Ini Ternyata Pelajari Bahasa Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 07:05
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Bendera Indonesia Bendera Indonesia (pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Bahasa Indonesia kini telah resmi menjadi bahasa resmi atau official language dalam Konferensi Umum (General Conference) UNESCO. Penetapan ini ditandai dengan diadopsinya Resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sesi Pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO yang diadakan di Markas Besar UNESCO, Paris, Prancis, pada November 2023.

Berdasarkan data dari Badan Bahasa, saat ini bahasa Indonesia digunakan oleh 3,3 persen populasi dunia dan diajarkan kepada 174 ribu siswa di berbagai negara. Bahasa Indonesia juga diajarkan di sekolah dan universitas di 54 negara serta didukung oleh 523 institusi.

Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz, menyatakan bahwa salah satu program prioritas lembaganya adalah memperluas penggunaan bahasa Indonesia di seluruh dunia, termasuk melalui peningkatan kompetensi pengajar yang sudah ada.

Baca Juga: Atlet Belgia di Olimpiade Paris 2024 Fasih Bahasa Indonesia, Kok Bisa?

Negara mana saja yang mengajarkan bahasa Indonesia kepada warganya? Mengacu pada informasi dari laman Badan Bahasa Kemdikbud dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), berikut beberapa di antaranya:

Australia

Negara tetangga Indonesia, yaitu Australia, sudah mulai mengenalkan Bahasa Indonesia kepada siswa mereka sejak usia dini. Di sana, pembelajaran Bahasa Indonesia difokuskan pada upaya menumbuhkan minat dan kegembiraan dalam mempelajari bahasa ini. Bahkan, di sekolah dasar, Bahasa Indonesia adalah pelajaran wajib.

Halaman
x|close