Mengancam Jiwa, Terungkap 5 Penyakit Paling Mudah Menular, dari TBC hingga Cacar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Agu 2024, 00:10
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi sakit Ilustrasi sakit (Freepik)

Ntvnews.id, Jakarta - Penyakit menular adalah penyakit yang dapat dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Proses penularan ini bisa terjadi melalui berbagai cara, seperti udara, kontak langsung, atau melalui media lain seperti air atau makanan. Berikut ini adalah lima penyakit yang paling mudah menular beserta cara mencegahnya:

1. Influenza (Flu)

FLU <b>(Istimewa)</b> FLU (Istimewa)

Influenza atau flu adalah penyakit pernapasan yang sangat menular dan disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini menyebar melalui tetesan udara yang keluar ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan berbicara. 

Untuk mencegah penularannya, penting untuk melakukan vaksinasi flu setiap tahun, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, menggunakan masker saat berada di tempat umum, terutama saat musim flu, serta menghindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit.

2. TBC (Tuberkulosis)

FLU <b>(Istimewa)</b> FLU (Istimewa)

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang menyerang paru-paru dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. TBC menular melalui udara ketika penderita batuk atau bersin. 

Pencegahan TBC dapat dilakukan dengan vaksinasi BCG pada anak-anak, menggunakan masker saat berinteraksi dengan penderita TBC, menjaga kebersihan lingkungan dan ventilasi udara yang baik, serta menghindari kontak langsung dengan penderita yang belum mendapatkan pengobatan.

Halaman
x|close