7 Fakta Mengejutkan Tentang Alam Semesta, Banyak Orang Tidak Tahu!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 00:30
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Ilustrasi Alam Semesta atau Ledakan Big Bang Ilustrasi Alam Semesta atau Ledakan Big Bang (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Alam semesta adalah tempat yang penuh dengan misteri dan keajaiban. Dari galaksi yang tak terhitung jumlahnya hingga fenomena aneh yang melampaui pemahaman kita, berikut adalah beberapa fakta mengejutkan tentang alam semesta yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Alam Semesta Terus Mengembang

Mungkin terdengar biasa, tapi kenyataannya adalah alam semesta tidak hanya mengembang, tetapi mengembang dengan kecepatan yang semakin cepat! Teori Big Bang menjelaskan bahwa alam semesta mulai dari satu titik yang sangat kecil dan padat, kemudian meledak dan mengembang.

Namun, yang mengejutkan adalah percepatan ekspansi ini. Penemuan energi gelap, suatu kekuatan misterius yang mendorong galaksi-galaksi menjauh satu sama lain, menjadi salah satu penemuan terbesar dalam kosmologi.

2. Kebanyakan Materi di Alam Semesta Tak Terlihat

Apa yang kita lihat — bintang, planet, dan galaksi — hanyalah sekitar 5% dari keseluruhan alam semesta. Sisanya terdiri dari materi gelap dan energi gelap, yang sejauh ini belum dapat kita amati secara langsung.

Materi gelap tidak memancarkan cahaya atau energi, tetapi pengaruh gravitasinya sangat besar sehingga membantu membentuk struktur alam semesta. Energi gelap, di sisi lain, adalah kekuatan misterius yang menyebabkan alam semesta mengembang dengan semakin cepat.

3. Lubang Hitam Supermasif di Pusat Galaksi

Ilustrasi Galaksi <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Galaksi (Pixabay)

Lubang hitam adalah salah satu objek paling menakutkan di alam semesta. Namun, yang lebih mengejutkan adalah kenyataan bahwa hampir setiap galaksi besar, termasuk Bima Sakti, memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Lubang hitam ini memiliki massa jutaan hingga miliaran kali massa Matahari, dan gravitasi ekstremnya mampu menyedot apa pun yang mendekat terlalu dekat, termasuk cahaya.

Halaman