Apa Itu Kista Duktus Koledokus, Penyebab Bayi Lahir Kuning?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 16:50
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Bayi Ilustrasi Bayi (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Dokter spesialis bedah pediatri dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Kshetra Rinaldhy Sp.B Subsp.Ped(K), menyatakan bahwa salah satu penyebab bayi lahir kuning adalah kelainan bawaan langka pada saluran empedu yang disebut kista duktus koledokus.

“Itu penyakit bawaan yang bersifat kongenital, karena terjadi pelebaran bentuk kistik pada duktus bilier pada saluran empedu," katanya, dikutip dari Antara, Rabu, 14 Agustus 2024.

“Semua orang punya empedu, dari anak punya saluran empedu, pada proses pembentukan janin ada kelainan saat pertumbuhan, ini namanya kista duktus koledokus," imbuhnya.

Baca juga: Makan Mie Instan Tiap Hari Ternyata Bisa Bikin Tubuhmu Mengalami Masalah Ini, Apa Saja?

Ia menjelaskan bahwa secara fisiologis, bayi bisa lahir dengan kulit menguning pada hari ketiga setelah dilahirkan. Dalam kondisi normal, kulit kuning pada bayi bisa hilang dalam waktu satu minggu dengan terapi sinar biru atau dengan rutin dijemur di bawah sinar matahari.

Namun, pada bayi yang mengalami kelainan kista duktus koledokus, kulit yang menguning dapat bertahan hingga dua minggu setelah kelahiran dan disertai gejala lain seperti benjolan pada perut kanan atas akibat pembesaran kista dan infeksi.

Kshetra menjelaskan bahwa kelainan posisi saluran empedu dan pankreas pada janin menyebabkan enzim pankreas masuk ke saluran empedu, sehingga muncul kista, yaitu benjolan berisi cairan empedu.

Halaman
x|close