Sambut Hari Kemerdekaan, Selonia Pecahkan Rekor MURI Konfigurasi Bendera Murah Putih di Kolam Terdalam

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 19:30
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
CELONIA pecahkan rekor MURI CELONIA pecahkan rekor MURI (Dokumentasi)

Ntvnews.id, Jakarta - Jelang Hari Kemerdekan Indonesia ke-79, Selonia (Seniman Balon Indonesia) mencatat sejarah baru dengan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), bahkan disebut rekor dunia.

Rekor tersebut dicatat Selonia atas Konfigurasi Bendera Merah Putih dari Rangkaian Balon di Kolam Terdalam. Dicapai Selonia pada Selasa (13/8/2024) di Tribuana Dive Center, Cijantung, Jakarta, yang merupakan kolam terdalam di Asia Tenggara.


"Rekor MURI yang juga rekor dunia diberikan kepada Selonia atas kategori Konfigurasi Bendera Merah Putih dari Rangkaian Balon di Kolam Terdalam. Selamat untuk Selonia dan seluruh seniman balon," kata Wakil Direktur MURI, Osman Semesta Soesilo.

Diketahui, Seniman balon adalah mereka yang memiliki kemampuan mengubah balon menjadi karya seni dalam berbagai bentuk yang penuh imajinasi, mulai dari karakter hewan, bunga-bunga, hingga dekorasi yang kompleks.

Kepada awak media, Elise Santoso, Ketua Umum Selonia, menyatakan bahwa meski terbilang baru, komunitas ini telah mendapatkan pengakuan yang layak melalui berbagai karya seni balon yang dipamerkan di seluruh Indonesia.

"Pemecahan rekor kali ini sangat istimewa karena tidak hanya menciptakan dekorasi balon di bawah air pertama di Indonesia, tetapi juga di dunia. Kalau kita cari di internet, sepertinya belum pernah ada yang berhasil memasukkan balon ke dalam air dan menjadikannya sebuah bentuk dekorasi," ucap Elise.

Proyek ini melibatkan penggunaan sekitar 1.000 balon berwarna merah dan putih yang diisi air terlebih dahulu di darat sebelum dibawa ke bawah air oleh tim penyelam. Proses pemasangan dilakukan di kedalaman 10 meter, di dalam kolam Tribuana Dive Center yang memiliki kedalaman hingga 16 meter.

Halaman
x|close