Warga Korea Selatan dan Jepang Tak Pernah Bau Ketiak, Ternyata Alasannya Karena Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Agu 2024, 15:18
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi pakaian adat Jepang Ilustrasi pakaian adat Jepang (Pixabay sasint)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebuah riset mengkaji faktor yang membuat warga Korea Selatan dan Jepang cenderung memiliki bau badan yang lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di negara lain. Penyebab utama dari rendahnya bau badan ini adalah adanya gen ABCC11. 

Gen ini berperan dalam menentukan jenis keringat yang diproduksi oleh tubuh. Terdapat dua jenis utama kelenjar keringat: ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin menghasilkan keringat encer yang tidak berbau, sementara kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang kental dan berbau.

Menariknya, gen ABCC11 mengatur fungsi kelenjar apokrin. Varian khusus dari gen ini, yang umum pada orang Asia Timur, mengurangi produksi keringat berbau dengan membatasi aktivitas kelenjar apokrin. Sekitar 80-95 persen orang Korea dan Jepang memiliki varian gen ini.

Saat seseorang berkeringat, tubuh mengeluarkan lebih dari sekadar air, termasuk garam, protein, dan senyawa lainnya. Bau badan muncul ketika bakteri di kulit memecah senyawa tersebut, melepaskan zat berbau.

Ilustrasi pakaian adat Jepang <b>(Pixabay sasint)</b> Ilustrasi pakaian adat Jepang (Pixabay sasint)

Menurut Medical Channel Asia, kelenjar apokrin, yang terutama terletak di ketiak dan selangkangan, menghasilkan keringat yang kaya protein dan lipid, yang menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan menyebabkan bau. 

Namun, orang dengan varian gen ABCC11 memiliki kelenjar apokrin yang kurang aktif, sehingga mengurangi keringat penyebab bau badan.

Halaman
x|close