Menghirup Bau Kentut Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan, Begini Kata Ahli

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Agu 2024, 04:35
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Mencium Bau Ilustrasi Mencium Bau (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Kentut sering dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan dan memalukan. Namun, tahukah kamu bahwa bau kentut dapat memberikan manfaat kesehatan? Kabar ini berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas Exeter di Inggris seperti dipublikasikan The Week

Penelitian ini mengungkapkan bahwa paparan terhadap hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh kentut dapat melindungi mitokondria dari kerusakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mencium bau kentut mungkin dapat membantu mencegah penyakit serta kanker.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Medicinal Chemistry Communications, ditemukan bahwa gas hidrogen sulfida, yang juga terdapat pada telur busuk dan dalam perut kembung, dapat berperan penting dalam pengobatan berbagai penyakit.

Ilustrasi Bau <b>(FreePik)</b> Ilustrasi Bau (FreePik)

“Meskipun gas hidrogen sulfida dikenal karena baunya yang menyengat dalam telur busuk dan perut kembung, gas ini secara alami diproduksi dalam tubuh dan dapat menjadi agen kesehatan yang penting untuk terapi masa depan bagi berbagai penyakit,” kata Dr. Mark Wood, profesor di Universitas Exeter.

Walaupun hidrogen sulfida berpotensi berbahaya dalam konsentrasi tinggi, penelitian menunjukkan bahwa bau kentut dapat mengurangi risiko kanker, stroke, serangan jantung, artritis, dan demensia dengan melindungi mitokondria.

Ilustrasi bau <b>(Freepik/ 8photo)</b> Ilustrasi bau (Freepik/ 8photo)

Halaman
x|close