Waspada! Ini 5 Makanan yang Menyebabkan Kanker, Ternyata Sering Dimakan Setiap Hari

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Agu 2024, 05:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi orang sakit Ilustrasi orang sakit (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Kanker adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan dan kompleks, dan meskipun banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, pola makan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Beberapa makanan dapat meningkatkan risiko kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah lima makanan yang patut diwaspadai:

1. Daging Olahan

Sosis/Ilustrasi makanan olasan <b>(Pixabay)</b> Sosis/Ilustrasi makanan olasan (Pixabay)

Daging olahan seperti sosis, bacon, dan ham sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, terutama kanker usus besar. Proses pengolahan daging ini sering melibatkan penggunaan nitrat dan nitrit yang dapat berubah menjadi senyawa karsinogenik di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daging olahan secara teratur dapat meningkatkan risiko kanker hingga 18%.

2. Makanan yang Mengandung Akrilamida

Ilustrasi kentang goreng <b>(Pixabay/ matthiasboeckel)</b> Ilustrasi kentang goreng (Pixabay/ matthiasboeckel)

Akrilamida adalah senyawa kimia yang terbentuk ketika makanan yang kaya karbohidrat dipanggang atau digoreng pada suhu tinggi. Contoh makanan yang mengandung akrilamida adalah kentang goreng, keripik kentang, dan roti panggang.

Akrilamida telah terbukti sebagai karsinogen pada hewan uji, meskipun data pada manusia masih dalam tahap penelitian, konsumsi berlebihan sebaiknya dihindari.

Halaman
x|close