Ini Makanan yang Disarankan untuk Penuhi Gizi Ibu Hamil

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Sep 2024, 11:59
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi makanan sehat Ilustrasi makanan sehat (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Universitas Indonesia, dr. Merry Amelya Sp.OG, menyarankan agar ibu hamil memilih makanan yang diolah secara sederhana, yang kini dikenal sebagai real food, untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

"Tentunya makanan yang baik itu makanan yang sebisa mungkin pengolahannya itu sesimpel mungkin atau disebut real food. Kalau makan ayam ya ayam goreng biasa, bukan ayam di restoran siap saji," dikutip dari Antara, Selasa, 3 September 2024.

Baca juga: Waspada! Ini 5 Makanan yang Menyebabkan Kanker, Ternyata Sering Dimakan Setiap Hari

Merry menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi ibu selama masa kehamilan dan menyusui untuk mendukung nutrisi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan.

Pada periode ini, ia menyarankan agar ibu hamil menghindari makanan olahan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi, seperti makanan siap saji.

Ia juga menyampaikan bahwa makanan ultra-proses (Ultra-processed Food/UPF), yang biasanya mengandung pengawet, MSG, serta garam tinggi, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin, karena kurang baik untuk kesehatan.

"Kondisi ibu yang dari awal emang sudah malnutrisi, dari gizi ibunya saja enggak bagus, otomatis akan mengakibatkan perkembangan bayi selama hamil juga enggak bagus," ujarnya.

Halaman
x|close