5 Dampak Buruk Merokok di Depan Anak, Bisa Sebabkan Kematian!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Sep 2024, 03:10
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Rokok. Ilustrasi Rokok. (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Merokok di depan anak-anak adalah tindakan yang sangat berbahaya. Selain merusak kesehatan fisik mereka, hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan mental dan sosial mereka.

Penting untuk melindungi anak-anak dari paparan asap rokok dengan tidak merokok di sekitar mereka dan memberikan contoh gaya hidup sehat. Nah, berikut dampak merokok di depan anak.

1. Paparan Asap Rokok Pasif

Ilustrasi rokok. <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi rokok. (Pixabay)
Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 zat kimia berbahaya, termasuk ratusan zat beracun dan sekitar 70 zat yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Ketika Anda merokok di dekat anak-anak, mereka menghirup asap rokok pasif yang dapat merusak paru-paru mereka yang masih berkembang.

Paparan ini meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk asma, infeksi saluran pernapasan, dan gangguan pada fungsi paru-paru.

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Ilustrasi sakit jantung <b>(Pixabay/ Tumisu)</b> Ilustrasi sakit jantung (Pixabay/ Tumisu)
Anak-anak yang terpapar asap rokok pasif secara teratur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan pembuluh darah di masa depan. Racun dalam asap rokok dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi aliran darah, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung sejak usia dini.

3. Gangguan pada Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Ilustrasi Anak Main Game <b>(FreePikk)</b> Ilustrasi Anak Main Game (FreePikk)

Halaman
x|close