Kok Bisa Makan Sambil Main HP Bisa Bikin Gendut? Ini Jawabannya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Sep 2024, 07:10
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Obesitas atau Berat Badan Obesitas atau Berat Badan (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, smartphone telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, hingga mereka merasa sulit untuk melepaskannya, bahkan saat sedang makan. Namun, ternyata makan sambil menggunakan ponsel dapat berdampak negatif pada kesehatan, termasuk berisiko menyebabkan obesitas.

Dilansir dari Mens Health, Kamis, 5 September 2024, orang yang makan sambil bermain ponsel cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak dan dalam waktu lebih lama.

Fokus utama mereka terganggu oleh aktivitas seperti membaca pesan, menonton video, atau bermain game, sehingga mereka tidak sepenuhnya memperhatikan apa yang mereka makan.

Baca Juga: Seorang Wanita Dibui Usai Anjing Peliharannya Obesitas dan Mati

Penelitian yang dipublikasikan di Trends in Food Science & Technology menunjukkan bahwa makan sambil menggunakan ponsel dapat mengganggu sinyal kenyang dari otak ke perut, sehingga sulit untuk mengatur porsi makanan. Hal ini dapat memicu obesitas.

Penelitian lain yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov juga menemukan bahwa makan sambil bermain ponsel seringkali menyebabkan peningkatan jumlah makanan yang dikonsumsi. Konten yang ada di ponsel dapat mengalihkan perhatian dan memengaruhi perilaku makan, membuat orang kurang akurat dalam memperkirakan jumlah makanan yang mereka konsumsi.

Sebuah studi oleh da Mata Gonçalves melibatkan 62 relawan universitas berusia 18 hingga 28 tahun dan mengevaluasi dampak penggunaan ponsel saat makan terhadap total asupan kalori dan jenis kalori yang dikonsumsi.

Halaman
x|close