Al Quran dan Sains Sebut Tanaman Punya Perasaan Sedih, Bahagia hingga Sakit

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 05:05
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Tanaman Bunga Ilustrasi Tanaman Bunga (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Al-Quran dan ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa tanaman memiliki kemampuan merasakan berbagai emosi, seperti bahagia, sedih, bahkan sakit. Hal ini ditegaskan dalam Al-Quran dan dibuktikan oleh sejumlah penelitian ilmiah.

Sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa tanaman dapat merasakan sakit hingga menjerit. Namun, manusia tidak dapat mendengarnya karena frekuensi suaranya berbeda dari yang bisa didengar oleh telinga manusia.

Karena itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengajarkan kepada umat Islam untuk memperlakukan semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan, dengan baik. Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan:

Artinya: "Tidaklah seorang Muslim menanam tanaman melaikan apa yang dimakan dari tanaman tersebut akan menjadi sedekah baginya. Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman tersebut kecuali merupakan sedekahnya." (HR Muslim nomor 1552)

Ilustrasi Tanaman <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Tanaman (Pixabay)

Hal ini juga ditegaskan oleh firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Surat Al-Isra Ayat 44:

Artinya: "Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun, lagi Maha Pengampun."

Halaman
x|close